Tuesday, August 29, 2017

5 Kapal Besar Pelni Bernama Gunung

1. Kapal Pelni AWU
Kapal AWU sebagai salah satu nama kapal pelni, bisa saja namanya berasal dari nama salah satu gunung yg ada di Indonesia. Penamaan sekian banyak kapal pelni jikalau dipandang dengan cara seksama sehingga rata-rata nama dari bukit atau gunung yg ada di wilayah Indonesia.

KM.AWU ini kemungkinan diambil dari nama gunung berapi yg terletak di Pulau Sangihe, Kepulauan Sangihe merupakan Gunung AWU. Kepulauan Sangihe ini terletak di Propinsi Sulawesi Utara. 

Ketinggian gunung ini mencapai 1.320 meter (4.331 kaki). Letak Gunung AWU ini berada kepada titik koordinat 3°40’ LU 125°30 BT. Dengan Cara geologi gunung AWU ini bertipe Stratovolcano & usia batuannya mencapai 100.000 th. Gunung AWU yaitu gunung berapi paling besar dalam rantai Sangihe.


2. Kapal Pelni BINAIYA
Salah satu kapal pelni yg beroperasi di th 2016 yakni KM.BINAIYA. Layaknya adat PT Pelni yg tidak jarang menamai nama kapalnya bersama nama bukit atau nama gunung yg ada di Indonesia. KM.Binaiya disini barangkali diambil dari nama salah satu gunung yg berada di Pulau Seram juga sebagai bidang dari daerah Propinsi Maluku yg bernama Gunung BINAIA atau BINAIYA atau BINAIJA. 

Gunung ini ialah gunung paling atas di Propinsi Maluku bersama mempunyai ketinggian 3.027M (9.931kaki)terletak di koordinat3° 10′ 24″ LU 129°27′18″ BT. Gunung BINAIYA ini dikenal dengan nama lain Mutiara Nusa Ina.


3. Kapal Pelni BUKIT RAYA
Siapa yg sempat mendengar nama satu buah gunung yg berada di Propinsi Kalimantan Tengah. Ya seandainya kamu belum tahu, ada satu buah gunung yg terletak di Kab Katingan yg bernama BUKIT RAYA atau GUNUNG RAYA

Ketinggian gunung ini mencapai 2.278 m (7.474 kaki) yg yaitu gunung paling tinggi di Kalimantan. Kawasan lebih kurang Bukit Raya jadi cagar alam ini masuk di kawasan (TN)Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. PT Pelni serta menamai salah kapal lautnya dgn nama BUKIT RAYA


4. Kapal Pelni BUKIT SIGUNTANG
Kapasitas daya angkut Kapal Laut Bukit Siguntang tak terlampaui besar cuma bisa memuat calon penumpang hingga 2.003 orang. Kupon pelni yg dipasarkan Bukit Siguntang ini ada 6 macam kelas yakni Kelas I (64 orang), Kelas IB (80orang)Kelas IIA (144orang), Kelas IIB (96 orang), Kelas III (355 orang), Kelas Ekonomi (1.264 orang)



Kapal Pelni CIREMAI
Pernahkah kamu mendengar nama suatu gunung di Jawa Barat merupakan GUNUNG-CIREMAI. Letak gunung ini berada di tiga wilayah Kabupaten ialah Kab Cirebon, Kuningan & Majalengka. Titik koordinat gunung ceremai ini berada terhadap 6,53°LS 108,24°BT yg mempunyai ketinggian 3.084 m. Gunung Ceremai masuk dikawasan (TNGC) Taman Nasional Gunung Ciremai  yg mempunyai luas keseluruhan kira-kira 15.000hektare. 

PT pelni pun menamai salah satu kapal lautnya bersama nama gunung ini adalah CIREMAI. Seandainya kamu memakai jasa transportasi yg disediakan oleh PT Pelni sehingga kamu mampu menyesuaikan bersama kapabilitas kantong kamu, lantaran disini ada beragam kelas yg disediakan dari kelas ekonomi yg duduk lesehan di bawah atau dalan bangsal-bangsal hingga kelas bersama kamar yg cuma diisi 2 orang saja dgn sarana kamar mandi/closet sendiri, lemari, tv, 2 ruang tidur.


Dan masih banyak lagi kapal PT. Pelni benama gunung-gunung di Indonesia. Apapun Jenis kapal pelni itu adalah kebanggaan bagi kita punya armada sendiri yang hebat. Kapal kita telah mengarungi Laut indonesia bahkan dunia.

Diambil dari beberapa sumber.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer